PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SABUN MANDI LUX DI KOTA PONTIANAK YANG DI MEDIASI BRAND AWARENESS
Main Author: | admin, REZKY RENDRA G B11111008 |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Manajemen Update
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/16878 |
Daftar Isi:
- Era Persaingan yang semakin ketat, membuat perusahaan harus dapat mewaspadai adanya ancaman dari para pesaing dan harus di tuntut untuk dapat survive di pasar global. Persaingan antar merek kategori consumer goods semakin meningkat. Produk yang termasuk kategori consumer goods meliputi, makanan, minuman, detergen, sabun mandi, dan lain-lain. Salah satu consumer goods yang sudah menjadi kebutuhan yang sulit dilepaskan adalah sabun mandi. Perusahaan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen melalui strategi pemasaran yaitu dengan menggunakan daya tarik iklan, kredibilitas celebrity endorser, dan brand awareness. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari daya tarik iklan dan kredibilitas celebrity endorser terhadap keputusan pembelian yang di mediasi brand awareness. Responden dalam penelitian ini adalah para pengguna sabun mandi Lux yang ada di Pontianak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada 100 orang responden yang menggunakan sabun mandi Lux di kota Pontianak. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Dimana variabelnya yaitu Daya Tarik Iklan (X1), Kredibilitas Celebrity Endorser (X2), Brand Awareness (Y1), dan Keputusan Pembelian (Y2). Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh hasil bahwa secara parsial daya tarik iklan tidak berpengaruh signifikan terhadap brand awareness, kredibilitas celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap brand awareness, daya tarik iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, kredibilitas celebrity endorser tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, brand awareness berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Kata Kunci : daya tarik iklan, kredibilitas celebrity endorser, brand awareness, keputusan pembelian