PENGARUH GAYA HIDUP, KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK IPHONE (Studi Kasus pada Konsumen iPhone di Kota Pontianak)

Main Author: admin, ASMITA SARI B11112087
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen Update , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/16636
Daftar Isi:
  • Perkembangan alat komunikasi di Indonesia relatif baik dan dinamis baik untuk produk lokal maupun produk internasional. Selain itu, tingkat persaingan yang ketat di berbagai produk serta gaya hidup yang turut mempengaruhi dalam memilih serta memutuskan untuk membeli alat komunikasi yang sesuai dengan selera berdasarkan kemajuan teknologi telah menyebabkan perusahaan untuk lebih meningkatkan kualitas produk serta citra merek sebuah produk yang akan dipasarkan. Salah satu produk alat komunikasi yang belakangan ini mencuri perhatian masyarakat adalah handphone/smartphone merek iPhone. Smartphone merek iPhone merupakan salah satu merek smartphone yang dikenal masyarakat sebagai salah satu smartphone yang memiliki kualitas produk yang tinggi dan fitur-fiturnya yang canggih. Selain itu, iPhone juga memiliki nilai prestise yang tinggi bagi pemakainya dibandingkan dengan merek smartphone lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya hidup (X1), kualitas produk (X2), dan citra merek (X3) terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone di kota Pontianak. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive Sampling, yaitu sampel yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di kota Pontianak yang telah menggunakan iPhone dari satu tahun. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel gaya hidup, kualitas produk dan citra merek secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai R Square=0,315, berarti 31,5% faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel bebas (gaya hidup, kualitas produk dan citra merek) sedangkan sisanya 68,5% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Gaya Hidup, Kualitas Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian.