“PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP BRAND TRUST DAN LOYALITAS PELANGGAN J.CO DONUTS & COFFEE DI KOTA PONTIANAK” (Survey Pada Pelanggan J.CO Donuts & Coffee di Pontianak)

Main Author: B11111139, NOVA ANDRINY
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen Update , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/12016
Daftar Isi:
  • Pada era kompetisi yang makin ketat ini, menciptakan persepsi positif di benak konsumen merupakan faktor penting dalam kesuksesan produk/merek dan hal ini akan lebih baik jika ditunjang dengan keunggulan teknologi yang diterapkan dalam sebuah bisnis. Dengan persaingan usaha di bidang kuliner yang semakin ketat maka berbagai upaya dilakukan pemasar terutama oleh J.CO Donuts & Coffee, dengan tidak hanya mejual sebuah produk tetapi juga pengalaman yang berkesan dibenak konsumen sehingga sebuah merek dapat dipercaya dan memiliki persepsi positif dalam pandangan konsumen. J.CO Donuts & Coffee menggunakan strategi pemasaran experiential marketing yang meliputi sense, feel, think, act dan relate guna mendapat kepercayaan merek (brand trust) dan loyalitas dari pelanggannya.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis adanya pengaruh variable experiential marketing terhadap brand trust dan loyalitas pelanggan J.CO Donuts & Coffee di Kota Pontianak. Data penelitian ini dikumpulkan dari 100 responden yang pernah berkunjung ke gerai J.CO Donuts & Coffee di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan alat analisis yang digunakan adalah Path Analysis dengan brand trust sebagai variabel intervening. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi experiential marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap brand trust dan loyalitas pelanggan.Keywords : Experiential Marketing, Brand Trust, Loyalitas Pelanggan.