Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan di Aryo & Dhipo Mart Di Kota Pontianak (Studi Kasus Pada Konsumen Mini Market Aryo & Dhipo)
Main Author: | B11111094, Rudi Ramadhan |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Manajemen Update
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/11692 |
Daftar Isi:
- Semakin meningkatnya jumlah bisnis ritel dalam beberapa hari terakhir membuat persaingan di bisnis ritel semakin ketat. Untuk memenangkan persaingan, perusahaan harus menjadi penggerak pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari store atmosphere yang terdiri dari : store eksterior, general interior, store layout dan interior display terhadap keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Aryo & Dhipo Mart di Kota Pontianak. Metode pengumpulan data adalah metode accidental sampling, menggunakan kuesioner, yang disebarkan kepada 100 orang responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil menunjukkan bahwa store eksterior, general interior, store layout dan interior display secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan store eksterior, general interior, store layout dan interior display berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selanjutnya, keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kata Kunci : Store Atmosphere, Store Eksterior, General Interior, Store Layout, Interior Display, Keputusan Pembelian, Kepuasan Pelanggan