IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI HOTEL DAN PENGARUHNYA TERHADAP CITRA MEREK DAN KESETIAAN PELANGGAN

Main Authors: Livia, Astrid, Gladys, Gladys, Wijaya, Serli
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University , 2020
Subjects:
Online Access: http://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/22585
http://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/22585/19996
Daftar Isi:
  • Dalam beberapa dekade terakhir, tuntutan bahwa kehadiran entitas bisnis tidak hanya untuk mengejar keuntungan semata namun harus dapat berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat lokal menjadi semakin tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa apakah CSR yang dilakukan sebuah hotel berpengaruh terhadap citra merek dan kesetiaan pelanggannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausal dengan melaksanakan survei lapangan berbasis kuesioner yang dibagikan kepada 200 responden yang pernah menginap di salah satu dari properti Pop! Hotels di Indonesia. Menggunakan teknik analisa statistik Partial Least Square (PLS), hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek dan kesetiaan pelanggan. Selain itu, citra pelanggan terhadap merek hotel terbukti menjadi mediator bagi pengaruh tidak langsung CSR terhadap kesetiaan pelanggan