Penggunaan Metode Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SDN 06 Surabayo
Main Author: | Rosneli |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Book Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Green Publisher
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://sosains.greenvest.co.id/index.php/sosains/article/view/153 https://sosains.greenvest.co.id/index.php/sosains/article/view/153/342 https://sosains.greenvest.co.id/index.php/sosains/article/view/153/343 |
Daftar Isi:
- Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) merupakan salah satu ilmu yang berperan penting dalam kehidupan. Selain itu, IPA memiliki peranan penting dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD N 06 Surabayo dengan menggunakan metode Pendekatan Inkuiri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD N 06 Surabayo yang berjumlah 26 orang. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan tatap muka. Setiap siklus dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian berupa hasil tes IPA, hasil lembar observasi, dan hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran keterampilan IPA menggunakan Pendekatan inkuiri siswa kelas VI SD N 06 Surabayo tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan deskripsi data dan analisis data disimpulkan bahwa keterampilan IPA menggunakan Pendekatan inkuiri siswa kelas VI SD N 06 Surabayo dari siklus 1 hingga siklus 2 mengalami peningkatan dari penilaian cukup menjadi lebih dari cukup.