MODEL POTENSI INDUSTRI KREATIF SKALA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KABUPATEN BANDUNG BARAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN

Main Authors: Wahdiniwaty, Rahma, Sya’roni, Deden A. Wahab, Setiawan, Eko Budi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University , 2019
Subjects:
Online Access: http://jurnalpemasaran.petra.ac.id/index.php/mar/article/view/19313
http://jurnalpemasaran.petra.ac.id/index.php/mar/article/view/19313/19742
http://jurnalpemasaran.petra.ac.id/index.php/mar/article/downloadSuppFile/19313/174
Daftar Isi:
  • Kurangnya informasi kepada masyarakat umum tentang potensi industri kreatif pada skala UMKM yang dimiliki di Kabupaten Bandung Barat mengakibatkan pertumbuhan ekonomi kurang meningkat secara signifikan sehingga peningkatan pendapatan bagi para UMKM sulit berkembang. Dengan demikian, kebutuhan sistem informasi sangat diperlukan bagi industri kreatif skala UMKM di Kabupaten Bandung. Dengan persebaran informasi mengenai produk industri kreatif pada skala UMKM dengan memanfaatkan Sistem Informasi Geografis (SIG), maka diharapkan peningkatan skala usaha dan produktivitas usaha di sektor industri kreatif skala UMKM akan berkembang dan meningkat. Penelitian tahun pertama ini mempunyai hasil output berupa profil UMKM Kabupaten Bandung Barat, profil potensi pelaku usaha industri kreatif UMKM, profil potensi usaha industri kreatif dan model rancangan untuk penyebaran informasi potensi industri kreatif.