PENILAIAN KUALITAS PELAYANAN PASIEN JAMKESMAS PADA RUMAH SAKIT UMUM LASINRANG PINRANG
Main Author: | Nurheda, Nurheda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Image |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/9895/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK NURHEDA. Penilaian Kaalitas Pelayanan Pasien Jamkesmas pada Rumah SakrT tJmum (R$U,) l-asinrang Pinrang (dibimbing oleh Darmawansyah dan Anwar daud) Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) tingkat kepuasan pasien Jamkesmas terhadap kondisi lingkungan pisik rumah sakit (2) tingltat kepuasan pasien Jamkesmas terhadap biaya layanan keSehatan, (3) tingkat kepuasan pasien Jamkesmas terhadap ketepatan waktu peiayanan, dan (4) tingkat kepuasan pasien Jamkesmas terhadap berhatian (empati) di rumah sakit umum Lasinrang Pinrang' ' Penelitian dilaksanakan di rumah sakit umum Lasinrang Pinrang dengan menggunakan desain cross sectional study. Sampel yang diambil aOalan pasien Jamkesmas sebanyak 150 orang. Pengumpul?n q3F dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis kuantitatif melalui rumus lndeks Kepuasan Masyarakat (lKM) Kepmenpan 2004. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien Jamkesmas terhadap kondisi lingkungan pisik berada dalam kategori B Q,74) dengan kualitas layanan baik. Tingkat kepuasan pasien iamkesmas terhadap biaya pelayanan kesehatan berada dalam kategori B {2,76) dengan kualitas layanan baik. Tingkat kepuasan pasien Jamkesmas teihadap ketepatan waktu pelayanan berada dalam kategori B (2,76) dengan kualitas layanan baik. Tingkat kepuasan paslgl Jamkesmas terhadap perhatian (empati) berada dalam kategori B (2,77) dengan kualitas layanan baik.