ANALISIS PENGARUH BIAYA BAURAN PROMOSI TERHADAP PENJUALAN PIPA PVC PADA PT. RAJAWALI JAYA SAKTI DI MAKASSAR

Main Author: IRWANSYAH, MUHAMMAD
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Image
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/9578/
Daftar Isi:
  • Muhammad Irwansyah, A211 05697. Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Penjualan Pipa PVC Pada PT. Rajawali Jaya Sakti di Makassar (dibimbing oleh Muh Asdar dan Haeriah Hakim). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan penjualan pipa PVC yang dicapai oleh perusahaan PT Rajawali Jaya Sakti di Makassar, untuk menganalisis sejauah mana pengaruh biaya bauran promosi melalui periklanan dan promosi penjualan dalam kaitannya dengan peningkatan penjualan Pipa PVC. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis inferensial, uji parsial. Hasil analisis menunjukkan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan melalui periklanan dengan membagikan brosur-brosur, papan reklame dan leaflet produk Pipa PVC. Sedangkan bentuk promosi penjualan yang digunakan adalah melalui pemberian potongan harga dan hadiah langsung. Dari hasil analisis regresi antara bauran promosi dengan volume penjualan Pipa PVC maka dapat diperoleh persamaan regresi : Y = 62.354,48 + 0,638 + 3,301 %, dapat diketahui bahwa nilai a = 62.354,48 merupakan nilai konstan, sedangkan nilai b1X1 = 0,638 yang artinya apabila biaya iklan ditingkatkan sebesar Rp.100.000 maka volume penjualan Pipa PVC akan meningkat sebesar 63,8 Batang. Sedangkan b2X2 = 3,301, apabila biaya promosi penjualan ditingkatkan sebesar Rp.100.000, maka volume penjualan akan meningkat sebesar 330,1 Batang. Kata kunci : Periklanan dan Promosi penjualan