HUBUNGAN ANTARA KEPATUHAN BERLALU LINTAS DENGAN TINGKAT TRAUMA PADA KECELAKAAN LALU LINTAS PENGEMUDI SEPEDA MOTOR DI IGDRSUP Dr. WAHIDIN SUDIROHUSODO, RSU DAYA DAN RSU LABUANG BAJI MAKASSAR

Main Author: MUHIDDIN, MUHIDDIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Image
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/9536/
Daftar Isi:
  • Korban kecelakaan lalu lintas dinominasi oleh pengendara sepeda motor yang berusia produktif dan dari waktu ke waktu cenderung meningkat dipicu karena ketidak patuhan berlalu lintas. Penelitian ini bertujuan ingin melihat hubungan katuhan berlalu lintas (memakai helm, memiliki SIM, dan tertib mengemudi) pada pengemudi sepeda motor dengan tingkat cedera/trauma. Metode penelitian ini adalah penelitian observasi dengan design cross-sectional studi, penelitian ini menggunakan purposive sampling, jumlah sample sebanyak 79 orang. Data diuji dengan uji statustik Chi-square Test dengan tingkat signifikan α ≤ 0,05 untuk menguji hubungan antar variabel independen dan dependen dan juga dilakukan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengemudi sepeda motor berusia produktif (63,3%) lebih berisiko mengalami trauma lebih berat, lebih banyak berjenis kelamin laki-laki (70,9%) dan terbanyak adalah pendidikan rendah (84,8%) yang lebih berisiko mengalami trauma lebih berat serta lebih dari separuh yang bekerja (68,4%) dan lebih berisiko mengalami trauma lebih berat. Nilai p pada helm (p=0,72), SIM (p=0,32) dan tertib mengemudi (p=0,03) pada pengemudi sepeda motor. Dengan demikian tidak ada hubungan antara kepatuhan berlalu lintas (memakai helm, memiliki SIM, dan tertib mengemudi) dengan tingkat trauma pada mengemudi sepeda motor di IGD RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo, RSU Daya dan RSU Labuang Baji Makassar.