ANALISIS PENGARUH STRATEGI POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN STARBUCKS COFFEE DI MAKASSAR
Main Author: | LAELY MUSTAIN, HASMA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Image Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/9478/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK HASMA LAELY MUSTAIN, A211 08 270 Analisis Pengaruh Strategi Positioning terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen STARBUCKS COFFEE di Makassar. (dibimbing oleh Indriyanti Sudirman dan Abd. Razak Munir) Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi positioning terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk dari Starbucks Coffee di Makassar. Variabel independen yang diteliti yaitu; atribut produk (X1), manfaat produk(X2), pemakai produk(X3), pesaing produk(X4), kategori produk(X5) dan harga produk(X6) (yang merupakan variabel turunan dari strategi positioning) dengan variabel dependen yaitu keputusan pembelian pada konsumen Starbucks Coffee di Makassar. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel independen (atribut, manfaat, pemakai, pesaing, kategori dan harga) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) digunakan analisis regresi berganda dengan metode analisa uji t dan uji F. Penelitian ini menngunakan sampel sebanyak 100 responden konsumen Starbucks di Makassar. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling atau non probability sampling yang merupakan tipe pemilihan sampel secara acak yang diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu, umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji realibilitas. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t, sedangkan untuk menganalisis data, yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan: Y = 0,40X1 + 0,379X2+ (-0,225)X3+ 0.58X4+ 0.319X5+ 0,215X6 Seluruh variabel independen kecuali variabel pemakai produk(X3) memiliki korelasi yang searah dengan variabel dependen (keputusan pembelian). Dan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah variabel pesaing produk dengan koefisien sebesar 0,58. Nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0.557, artinya seluruh variabel turunan strategi positioning mempunyai kontribusi secara bersama-sama sebesar 55,7% terhadap variabel dependen (Y) yakni keputusan pembelian. Sisanya 44,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian. Melalui uji F dapat diketahui bahwa seluruh variabel independen memang layak untuk menguji variabel dependen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa dari keenam variabel independen hanya empat variabel yang terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen.