ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. ADIRA QUANTUM MULTIFINANCE CABANG MAKASSAR
Main Author: | M. IQBAL. B, M. IQBAL. B |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Image |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/9266/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan yang menggunakan jasa pembiayaan PT. Adira Quantum Multifinance cabang Makassar. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan kuesioner, dengan menggunakan skala likert dan metode penentuan sampel yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling sebanyak 97 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda (multi linear regression). Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y= 3,648 + 0,181X1 + 0,173X2 + 0,318X3 + 0,265X4 + 0,148X5 + 1,303. Dimana secara bersamaan seluruh variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy memiliki pengaruh signifikan dan arah hubungan yang positif terhadap kepuasan konsumen, sedangkan secara partial hanya variabel empathy yang tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah variabel assurance (0,265). Kata kunci : Kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty.