PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PT PLN (PERSERO) WILAYAH SULSEL SULTRA & SULBAR CABANG PARE-PARE)

Main Author: Nurbaya, Nurbaya
Format: Thesis NonPeerReviewed Image Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/9238/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Metode Balanced Scoecard (Studi Kasus PT PLN (Persero) Wilayah Sulsel Sultra & Sulbar Cabang Parepare) Nurbaya M. Ishak Amsari M. Natsir Kadir Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja dengan menggunakan metode Balanced Scorecard (BSC) studi kasus PT PLN (Persero) Cabang Parepare, melalui empat perspektif yaitu: keuangan, pelanggan, bisnis internal dan pertumbuhan dan pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif yaitu dengan penyebaran kusioner pada pelanggan dan karyawan dan kuantitatif yaitu dengan menggunakan rasio-rasio dari empat perspektif Balanced Scorecard. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja dari masing-masing perspektif yaitu (1)perspektif keuangan secara keseluruhan dinilai baik karena secara umum rasio-rasio keuangan mengalami peningkatan dari standar yang ditetapkan, (2)perspektif pelanggan umumnya merasa puas atas layanan yang diberikan oleh perusahaan dengan indeks yang dicapai dari hasil penyebaran kusioner dikategorikan puas, (3) perspektif bisnis internal disimpulkan baik karena perusahaan melakukan inovasi-inovasi produk yang akan ditawarkan kepada para pelanggan dan adanya layanan call center untuk lebih memudahkan pelanggan mendapatkan informasi, (4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dari hasil penyebaran kusioner umumnya karyawan merasa puas bekerja pada perusahaan tersebut.