PENGARUH BAURAN PEMASARAN DALAM PENINGKATAN KEPUASAN NASABAH ATAS PRODUK TERM LIFE PADA PT. ASURANSI SUN LIFE INDONESIA WILAYAH MAKASSAR

Main Author: NINGSIH, IRMA ADI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Image
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/9223/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Irma Adi Ningsih. Pengaruh Bauran Pemasaran Dalam Peningkatan Kepuasan Nasabah Atas Produk Term Life Pada PT. Asuransi Sun Life Indonesia Wilayah Makassar dibimbing oleh DR. Muh. Ismail, SE, M.Si dan H. Muh. Sobarsyah, SE, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap peningkatan kepuasan nasabah atas produk Term Life pada PT. Asuransi Sun Life Indonesia dan Untuk mengetahui dari keenam faktor tersebut, yang manakah berpengaruh paling dominan terhadap peningkatan kepuasan nasabah atas produk Term Life pada PT. Asuransi Sun Life Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Asuransi Sun Life Indonesia Wilayah Makassar. Model penelitian yang digunakan yakni dengan Metode Pengumpulan Data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah analisis regresi berganda dengan mempergunakan program SPSS. Dalam penelitian ini, Analisis regresi berganda berperan sebagai teknik statistik yang digunakan untuk menguji ada tidaknya pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap peningkatan kepuasan nasabah atas produk asuransi Term Life yang diterapkan pada PT. Asuransi Sun Life Indonesia Wilayah Makassar. Selanjutnya berdasarkan hasil regresi berganda tersebut, maka dapat dianalisis koefisien determinasinya (R) yaitu koefisien determinasi parsial untuk mengukur secara terpisah dampak variabel bebas X1, X2, X3, X4, X5 dan X6 terhadap Variabel Y. Uji serempak atau uji F merupakan uji secara bersama-sama untuk menguji signifikansi pengaruh variabel bebas dalam hal ini bauran pemasaran (X1, X2, X3, X4, X5, dan X6) secara bersama-sama terhadap variabel kepuasan nasabah (Y). Uji t (Uji Parsial) Uji ini digunakan untuk mengetahui apakah masing-masing variabel bebasnya secara sendiri-sendiri berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bauran pemasaran PT. Asuransi Sun Life Indonesia wilayah Makassar berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kepuasan nasabah atas produk Term Life. Hal ini ditunjukkan dengan nilai uji Fhitung > Ftabel (15,658> 2,31) dengan tingkat kesalahan α 5% adalah sebesar 2,31. Disamping itu, pengaruh bauran pemasaran PT. Asuransi Sun Life Indonesia wilayah Makassar terhadap peningkatan kepuasan nasabah atas produk Term Life sebesar 50,3 %. Dengan uji-t yang dilakukan, terbukti bahwa dari enam variabel bauran pemasaran PT. Asuransi Sun Life Indonesia wilayah Makassar, variabel price adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan nasabah atas produk Term Life dibandingkan dengan lainnya. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung variabel price yang lebih besar dari variabel lainnya (product, promotion, place, people, dan customer service) yaitu 4.719 > (2.158, 2.265, 1.880, 2.312 dan 1.058). Kata Kunci : product, promotion, place, people, customer service, kepuasan nasabah.