ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN ITIK DI PASAR TRADISIONAL DAYA, KOTA MAKASSAR

Main Author: -, WINDIANA
Format: Thesis NonPeerReviewed Image Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/896/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi keputusan pembelian itik di pasar tradisional Daya, Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2020 sampai dengan Maret 2020, di Pasar Tradisional Daya, Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli Itik untuk konsumsi rumah tangga di Pasar Tradisional Daya, Kota Makassar, Penelitian ini menggunakan 6 variabel (Independen + Dependen) dimana 5 variabel Independen dan 1 variabel Dependen, maka jumlah sampel yaitu 10 x 6 = 60 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan bantuan kuisioner dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran variabel pengalaman masalalu (X1), sikap sonsumen (X2), pendapatan (X3), harga (X4), dan lokasi (X5) memberikan gambaran bahwa kelima variabel tersebut mempengaruhi keputusan pembelian itik di pasar Tradisional Daya, Kota Makassar, secara parsial/ sendiri- sendiri variabel independen hanya sikap, pendapatan dan harga yang memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya variable pengalaman dan lokasi tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) itik dimana (thitung < ttabel). Sedangkan secara simultan/ serentak kelima variabel independen yaitu pengalaman masa lalu (X1), sikap konsumen (X2), pendapatan (X3), harga (X4) dan lokasi (X5) secara bersama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) itik dimana (Fhitung > Ftabel) dan Kontribusi variabel yang paling besar terhadap keputusan pembelian itik oleh konsumen adalah variabel sikap konsumen (X2) yaitu sebesar 55,19%.