GAMBARAN KEPUASAN PASIEN UMUM TENTANG KUALITAS PELAYANAN PADA INSTALASI RAWAT INAP RSUD DAYA MAKASSAR TAHUN 2013
Main Author: | Wangge, Agustinus L. Wasa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Image Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/8907/ |
Daftar Isi:
- BSTRAK Manajemen Rumah Sakit Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Skripsi, 2013 AGUSTINUS L.WASA WANGGE K111 10 630 “GAMBARAN KEPUASAN PASIEN UMUM TENTANG KUALITAS PELAYANAN PADA INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DAYA MAKASSAR TAHUN 2013” ( xvi + 92 halaman + 10 lampiran + 35 tabel) Pada era globalisasi dewasa ini, pertumbuhan rumah sakit baru sangat pesat sehingga terjadilah persaingan yang ketat antar rumah sakit dalam upaya untuk menarik atau mempertahankan pelanggan eksternal(pasien). Pasien merupakan pelanggan utama rumah sakit dan menjadi fokus dari semua bentuk pelayanan rumah sakit. Pasien akan memberikan penilaian berdasarkan pelayanan yang diterimanya dan bertindak atas dasar kepuasannya. Berdasarkan data sekunder dari RSUD Daya, pada tahun 2011 persentase pasien yang pulang paksa mencapai 8,3%, lebih tinggi dari standar yang ditetapkan Depkes yakni ≤5% dan juga terjadi penurunan BOR yakni dari 77,9% pada tahun 2010 menjadi 60,33% pada tahun 2011. Hal ini bisa mengindikasikan semakin menurunnya tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan pada RSUD Daya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien umum tentang kualitas pelayanan pada instalasi rawat inap RSUD Daya Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan metode cross sectional. Sampel adalah pasien umum/keluarga yang dirawat pada instalasi rawat inap yakni sebanyak 52 responden yang ditentukan dengan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan pasien/keluarga yang merasa puas dengan skill dan profesionalisme dokter sebesar 63% dan skill dan profesionalisme perawat sebesar 58,3%. Untuk aksesibilitas dan fleksibilitas pelayanan pasien/keluarga yang merasa puas sebesar 67,6%, untuk serviscape sebesar 61,4% serta untuk reputasi dan kredibilitas pasien/keluarga yang merasa puas sebesar 73,5%. Melalui penelitian ini disarankan pihak RSUD Daya Makassar agar lebih meningkatkan pelayanan yang berkaitan dengan dimensi skill dan profesionalisme, aksesibilitas dan fleksibilitas, serviscape serta reputasi dan kredibilitas pelayanan. Rumah sakit perlu melakukan survey kepuasan pelanggan yang kompherensif dan berkesinambungan terutama bagi pasien rawat inap lama di rumah sakit. Bagi peneliti lain disarankan untuk meneliti dari dimensi mutu informasi dan ketepatan waktu.