Pengaruh Jarak Gading Terhadap Distribusi Tegangan dan Kuat Batas Pada Midship Kapal Single Hull Very Large Crude Carrier (VLCC)
Main Author: | Aski, Salsabila |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Image Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/8879/ |
Daftar Isi:
- Kekuatan struktur kapal merupakan salah satu aspek teknis yang mempengaruhi tingkat keamanan kapal disaat bereksploitasi baik dikondisi laut yang tenang maupun bergelombang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh distribusi tegangan dan kuat batas pada midship Kapal Single Hull Very Large Crude Carrier (VLCC) dalam kondisi hogging dan sagging. Analisis distribusi tegangan dan kuat batas menggunakan program bantu fortran yang diaplikasikan pada metode Smith. Dalam hal ini objek penelitian adalah tiga jarak gading midship kapal Single Hull Very Large Crude Carrier (VLCC) yaitu 1670 mm, 4670 mm, dan 7670 mm. Ketidaksempurnaan awal, retak dan tegangan sisa pengelasan diabaikan. Distribusi tegangan maksimum terjadi pada jarak gading 1670 mm pada step 48 untuk kondisi hogging dan step 50 untuk kondisi sagging dengan nilai momen berturut-turut 0,1025×1013 Nmm dan 0,1017×1013 Nmm. Kekuatan batas momen lentur maksimum kapal single hull VLCC pada jarak gading 1670 mm pada kondisi hogging 0,103×1013 Nmm dan kondisi sagging -0,1001×1013 Nmm.