ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK PERTIWI MAKASSAR
Main Author: | ANGGI RARA S, ELVIRA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Image Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/8760/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Pertiwi The Analysis of Service Quality Effect to The Patients Satisfaction in Ibu dan Anak Pertiwi’s Hospital Elvira Anggi Rara Sinang Dr. Muh. Yunus Amar, SE., MT H. Muh. Sobarsyah, SE., M.Si Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan khususnya berdasarkan dimensi kualitas jasa yaitu terdiri dari variabel-variabel : reliability (keterandalan),responsiveness (cepat tanggap), assurance (jaminan), empathy (empati), dan tangible (nyata) serta kepuasan pasien. Variabel-variabel tersebut digunakan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Ibu dan Anak Pertiwi. tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan berupa reliability (keandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), empathy (empati), dan tangible (bentuk fisik) terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Ibu dan Anak Pertiwi. 2) Untuk mengetahui dimensi/variabel kualitas pelayanan yang paling besar pengaruhnya anak pertiwi terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Ibu dan Anak Pertiwi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Slovin, dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Metode analisis data menggunakan validitas, reliabilitas, analisis regresi berganda, uji F, uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan) dan emphaty (empati) berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Variabel tangible (bentuk fisik), tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Variabel yang paling berpengaruh adalah variabel responsiveness (ketanggapan).