PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MEREK BLACKBERRY (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS HASANUDDIN)
Main Author: | SAPUTRA A, ASWIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Image |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/8539/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ekuitas merek terhadap pengambilan keputusan pembelian handphone merek Blacberry. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin. Model penelitian yang digunakan yakni dengan metode observasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah dengan metode analisis regresi linear berganda, dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji F dan uji T. Kemudian menggunakan perhitungan korelasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan signifikansiekuitas merek terhadap pengambilan keputusan pembelian handphone merek Balckberry. Dari hasilpenelitian menunjukkan bahwa variabel ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian handphone merek Blackberry. Diperoleh persamaan Y=0,314X1 0,337 X2 0,279 X3 0,235 X4, yang memiliki arti bahwa variabel ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Dari penelitian ini dapat disimpulkan berdasarkan uji statistik bahwa variabel ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek,asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek secara bersama-sama (simultan-uji F) memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel keputusan pembelian. Berdasarkan uji T, hasil yang diperoleh bahwa semua variabel ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari penelitian ini diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,681. Hal vii ini menunjukkan bahwa sebesar 68,1% keputusan pembelian konsumen terhadap pembelian handphone merek Blackberry dipengaruhi oleh variasi dari keempat variabel independen, yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek, sedangkan sisanya sebesar 31,9% dipengaruhi oleh variabelvariabel lainnya yang tidak diteliti. Kata Kunci: Kesadaran merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek,dan Keputusan Pembelian