Preloved Shopping (Studi Tentang Aktivitas Jual Beli Barang Bekas di Media Instagram)

Main Author: EFRIANTI, EFRIANTI
Format: Thesis NonPeerReviewed Image Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/739/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengkaji tentang aktivitas jual-beli barang bekas atau disebut barang preloved yang dilakukan di media sosial Instagram, yaitu meliputi pengertian barang Preloved, jenis-jenis barang preloved yang diperjual belikan, alasan membeli barang preloved di Instagram, dan pengelolaan jual-beli barang preloved tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan menekankan pada teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Penelitian ini menunjukkan bahwa kosmetik dan pakaian adalah dua jenis barang preloved yang populer dijual dan dibeli di Instagram. Meskipun barang bekas sangat beragam, istilah preloved digunakan dalam cara yang terbatas. Untuk barang bekas seperti elektronik, mebel, laptop umumnya disebut sebagai barang tangan kedua, sementara produk yang digunakan seperti kosmetik dan fashion disebut item preloved. Di antara barang preloved lainnya di Instagram, kosmetik (seperti make up dan perawatan kulit) dan Fashion (seperti tas, Sepatu, assesories, tapi kebanyakan pakaian) adalah item yang paling populer. Mengurangi harga ("Harga miring"), merek (merek), dan mencoba (coba-coba) adalah tiga alasan utama mengapa wanita membeli item preloved; Sedangkan merk (merek), Style (model), harga berkurang ("Harga miring"), kualitas adalah empat alasan utama mengapa item preloved dibeli. Selain itu, merek dan "mengurangi harga" adalah dua alasan yang bersinggungan antara kosmetik dan mode preloved, dan kualitas selalu terkait dengan harga, karena dengan merek, yang menunjukkan bahwa beberapa faktor saling terkait satu sama lain. Namun, setiap jenis barang memiliki alasan yang unik. Untuk Penjual kosmetik preloved, menjual barang preloved adalah untuk membuat kosmetik yang tersedia untuk digunakan sebelum tanggal kadaluarsa. Adapun Penjual pakaian preloved, barang fashion yang dijual karena mereka jarang digunakan atau tidak digunakan sama sekali. Baik penjual kosmetik dan penjual pakaian memiliki alasan umum untuk menjual preloved item, yaitu untuk membuat uang dari barang bekas bukannya dibiarkan tidak berguna. Ada dua jenis akun preloved di Instagram. Yaitu akun khusus dan akun pribadi. Akun khusus terbagi menjadi dua, yaitu akun selebgram dan non selebgram. Akun selebgram terdiri dari akun yang dikelola sendiri, dikelola dalam kelompok, dan dikelola oleh staf administrasi (admin). Akun non selebgram terdiri dari akun kelompok dan akun perorangan. Selain itu, akun pribadi adalah akun yang tidak dapat dipisahkan antara akun pribadi dan akun penjualan preloved. Sebagian besar akun dikelola oleh pemiliknya yang pada saat yang sama bertindak sebagai admin, kecuali satu jenis akun selebgram. Dalam mempromosikan barang yang ada, mereka menggunakan berbagai strategi, mulai dari menggunakan akun lain yang memiliki banyak pengikut, paket promosi, diskon, untuk menggunakan layanan selebgram.