ANALISIS MARKET SHARE INDEX TELKOMFlexi PADA KANDATEL MAKASSAR DI KOTA MAKASSAR
Main Author: | SASTRAWAN, GEDE MADE ARTA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Image Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/7371/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSI GEDE MADE ARTA SASTRAWAN. Analisis Market Share Index TELKOMFlexi Pada Kandatel Makassar di Kota Makassar (dibimbing oleh Abd. Rahman Kadir dan Otto R. Payangan). Penelitian ini bertujuan (1) menguji pengaruh faktor-faktor pembentuk market share index, yaitu product awareness, product attractiveness, price acceptable, product availability, dan service experience secara bersama-sama terhadap keyakinan pelanggan TELKOMFlexi paska bayar kandatel (kantor daerah telekomunikasi) Makassar untuk tetap menjadi pelanggan TELKOMFlexi, (2) menguji dan menentukan faktor yang paling berpengaruh, dan (3) Untuk mengetahui market share index TELKOMFlexi Kandatel Makassar di kota Makassar saat ini. Penelitian ini dilaksanakan di Kandatel Makassar di kota Makassar. Sampel sebanyak 58, diambil diambil secara acak dan proporsional per kecamatan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Data dianalisis dengan regresi linier berganda dan market share index. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima faktor pembentuk market share index mempunyai berpengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap keyakinan pelanggan TELKOMFlexi paska bayar kandatel Makassar untuk tetap menjadi pelanggan TELKOMFlexi dan faktor yang paling berpengaruh terhadap keyakinan untuk tetap menjadi pelanggan TELKOMFlexi adalah service experience. Besar market share index TELKOMFlexi Kandatel Makassar 31,94%. Dengan prioritas peningkatan pada tiga faktor, yaitu product awareness, product attractiveness, dan service experience dan tetap menjaga dua faktor lainnya, maka diharapkan akan meningkatkan market share index 18,41%, menjadi 50,35%, sehingga berpotensi menjadi market leader di bisnis fixed wireless access.