Analisis Jarak dan Sudut Rudder Terhadap Kemampuan Thrust Kapal Perikanan 30 GT Menggunakan Metode CFD
Main Author: | Mardiansyah, Mardiansyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Image Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/7366/ |
Daftar Isi:
- Sebuah kapal dirancang berdasarkan tujuan dan fungsi masing-masing, begitu pula dengan kapal perikanan. Kapal perikanan umumnya dirancang dengan misi khusus (menemukan, menangkap dan melestarikan ikan), hal ini menjadikan kapal perikanan memiliki parameter desain yang berbeda dibanding dengan kapal niaga pada umumnya. Sebagaimana fungsi kapal perikanan dalam operasinya yaitu mengejar dan melingkari jaring (purse-seine) serta menangkap ikan menjadikan kemampuan manuver kapal perikanan sangat diperlukan dan kapal harus memliki konfigurasi sistem propulsi yang handal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jarak dan sudut rudder terhadap propeller untuk nilai thrust, lift, drag dan torque serta menentukan peletakan rudder terhadap propeller yang paling optimal pada kapal mengunakan pendekatan CFD (Computational Fluid Dynamic) dengan variasi jarak antara propeller dan kemudi serta sudut yang berbeda. Dari hasil simulasi diperoleh bahwa jarak 20%D memiliki nilai thrust paling besar dibandingkan dengan jarak lainnya.