Analisis Kualitas Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Menggunakan Metode Six Sigma dan Kaizen (Studi Kasus Pada PT. Rapid Tirta Sejahtera)

Main Author: Isfani, Fadliah
Format: Thesis NonPeerReviewed Image Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/7290/
Daftar Isi:
  • PT. Rapid Tirta Sejahtera adalah salah satu produsen air minum dalam kemasan dengan merek Rapid Demineral Water. PT. Rapid Tirta Sejahtera memproduksi air minum dalam kemasan cup (220 ml) lebih banyak daripada kemasan botol (330 ml dan 550 ml) serta galon (19 Liter), dan masih ditemukan produk yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis cacat produk, menganalisis kapabilitas proses produksi dan memberikan rekomendasi perbaikan dengan menggunakan metode Six Sigma dan Kaizen. Objek penelitian ini adalah air minum dalam kemasan cup 220 ml, data jumlah produksi dan jumlah cacat yang diolah yaitu tahun 2019 dan 2020. Berdasarkan diagram pareto, jenis cacat produk yang dominan yaitu cacat cup penyok (39,84%), lid miring (17,15%), dan volume kurang (12,85%). Hasil dari perhitungan control chart, data yang diperoleh tidak seluruhnya berada dalam batas kendali sehingga perlu dilakukan perbaikan. Kemudian hasil perhitungan kapabilitas proses, rata – rata nilai sigma produksi air minum dalam kemasan cup 220 ml pada PT. Rapid Tirta Sejahtera sebesar 4.83 dengan kemungkinan cacat sebesar 434 pcs per satu juta produksi. Dari analisis tree diagram, faktor penyebab produk cacat berasal dari faktor manusia, mesin, dan material. Untuk upaya perbaikan dari permasalahan tersebut, maka direkomendasikan continuous improvement dengan metode Kaizen 5W+1H dan five step plan atau 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke).