DAMPAK DARI KEGIATAN PRE-READING TERHADAP PEMAHAMAN CERITA PENDEK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS (STUDI KASUS PADA UNIVERSITAS HALUOLEO)
Main Author: | LIO, ASNIAR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Image Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/7227/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak dari kegiatan pre-reading terhadan pemahaman cerita pendek mahasiswa. 40 mahasiswa angkatan 2005/2006 jurusan Bahasa Inggris Universitas Haluoleo Kendari berpartisipasi dalam penelitian ini. Rancangan ‘explanatory experimental’ dipilih dalam penelitian ini karena ada dua kelompok yang dipakai yaitu kelompok eksperimental dan kelompok control. Kegiatan pre0reading yang terdiri dari branstorming, previewing dan questioning digunakan sebagai tindakan perlakuan. Kedua kelompok diberikan pre-test dan post-test untuk mengetahui perbedaan yang potensial antara kedua kelompok. Hasil dari analisa statistik menunjukkan bahwa kegiatan pre-reading tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap pemahaman siswa. Diasumsikan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil penelitian ini. Faktor-faktor tersebut berhubungan dengan karakteristik partisipan, alokasi waktu kegiatan pre-reading, karakteristik naskah yang diberikan dan performa guru dalam memberikan kegiatan pre-reading. Akan tetapi, hampir semua partisipan menyatakan bahwa kegiatan pre-reading sangat membantu mereka dalam memahami bacaan.