Analisis Margin Pemasaran Benur (Penaesus modonon) pada Pembenihan Udang Skala Rumah Tanggak di Kabupaten Barru
Main Author: | REMMANG, M. BAKRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Image Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2002
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/6843/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK M. BAKRI REMMANG. Analisis Margin Pemasaran Benur (Penaesus modonon) pada Pembenihan Udang Skala Rumah Tanggak di Kabupaten Barru (dibimbing oleh Radjuddin Syamsuddin dan H.M. Tunus Ukkas) Penelitian bertujuan untuk mengetahui 91) besarnya margin pemasaran yang diperoleh lembga pemasaran di dalam proses pemasaran pada pembenihan skala rumah tangga dan efesiensi pemasaran pada setiap saluran pemasaran benur. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten barru. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui metode wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan serta pengamatan langsung di lapangan. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisisi margin pemasaran dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa margin yang diperoleh lembaga pemasaran tersebut berbeda besarnya. Selanjutnya, analisis efisiensi pemasara menunjukkan bahwa saluran pemasaran yang efisien adalah saluran I, yaitu pembenihan udang, pedagang besar dan petani tambak.