ANALISIS PENDAPATAN PETANI DALAM SISTEM PEMASARAN JAGUNG DI KABUPATEN BULUKUMBA
Main Author: | HERMAWATY, HERMAWATY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Image Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2005
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/6785/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat pendapatan petani jagung di Kabupaten Bulukumba, (2) besarnya marjin yang diterima setiap lembaga pemasaran dalam proses pemasaran jagung di Kabupaten Bulukumba, (3) tingkat efisiensi pemasaran jagung pada saluran pemasaran yang ada. Penelitian ini bersifat deskriptif. Pengambilan sample dilakukan secara Simple Random Sampling. Sampel yang diambil sebanyak tiga puluh orang pada enam desa di Kecamatan Herlang yaitu Desa Singa, Desa Karassing, Desa Borong, Desa Gunturu dan Desa Pataro. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan analisis marjin dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan yang diterima petani jagung adalah Rp. 1.752.150,- per Ha per musim tanam dengan R/C ratio 1,56. Marjin pemasaran yang diterima setiap lembaga pemasaran berbeda secara berturut-turut untuk saluran I pedagang pengumpul Rp 342, pedagang besar Rp 75, pedagang pengecer Rp 115, untuk saluran II pedagang besar Rp 352, pedagang pengecer Rp 230, dan untuk Saluran III pedagang pengecer Rp 350. Ketiga saluran pemasaran yang ada, saluran pemasaran III yang paling efisien (16,7 %) disusul saluran II (21,4 %) dan saluran I (28,6 %).