KOMPARASI TAHANAN KAPAL MENGGUNAKAN BULBOUS BOW DAN TANPA BULBOUS BOW BERDASARKAN ANALISIS CFD (Computational Fluid Dynamic)

Main Author: RASIDI, AHMAD AMSAL
Format: Thesis NonPeerReviewed Image Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/6614/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Besarnya nilai tahanan kapal dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya bentuk haluan kapal. Untuk kapal dengan bentuk haluan tanpa bulbous bow cenderung memiliki tahanan yang relatif besar dibandingkan kapal menggunakan bulbos bow. Salah satu cara untuk mendapatkan nilai tahanan adalah dengan menggunakan metode numerik (softwere). Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbandingan nilai tahanan kapal menggunakan bulbous bow dan tanpa bulbous bow serta menentukan karakteristik aliran fluida yang terjadi di sepanjang lambung kapal berdasarkan analisis CFD. Pengambilan data dilakukan dengan mengolah ukuran utama dan gambar lines plan kapal, kemudian dengan menggunakan softwere Autodesk CFD (Computational Fluid Dynamic) untuk mendapatkan nilai tahanan dan karakteristik aliran fluida disepanjang lambung kapal. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui nilai tahanan model kapal menggunakan bulbous bow sebesar 2,618 N lebih kecil dibandingkan model kapal tanpa bulbous bow dengan nilai tahanan sebesar 3,142 pada kondisi kecepatan dinas 0,894 m/s, dengan persentase perbandingan sebesar 20,003% dan pada kondisi setiap variasi kenaikan kecepatan persentase perbandingan nilai tahanan model kapal sebesar 18,65%.