ANALISIS KINERJA PELAYANAN PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) TAMANGAPA KOTA MAKASSAR

Main Author: TAMMU, REYNALDO STEPANUS
Format: Thesis NonPeerReviewed Image Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/6430/
Daftar Isi:
  • Reynaldo (E211 16 522). Analisis Kinerja Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Tamangapa Kota Makassar. 88 halaman + 11 Gambar + 6 Tabel + 27 Pustaka + 13 Lampiran. Dibimbing oleh Dr. Nurdin Nara, M.Si dan Adnan Nasution, S.Sos, M.Si Pelayanan publik merupakan kegiatan pemberian bentuk jasa yang dilakukan oleh instansi pemerintah lingkup daerah maupun pusat dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan. Pelayanan publik pada penelitian ini mencakup pelayanan Kesehatan Puskesmas Tamangapa. Puskesmas memiliki tanggungjawab dalam memberikan pelayanan Kesehatan dan mutu kualitas yang baik bagi para pasiennya. Untuk itulah pelayanan Kesehatan semestinya di lakukan dengan kualitas terbaik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja Pelayanan Puskesmas Tamangapa Kota Makassar. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan berfokus pada pegawai puskesmas, pasien rawat jalan dan masyarakat di Puskesmas Tamangapa Kota Makassar sebagai unit analisis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara,observasi, dan berupa referensi dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Pelayanan Pada Puskesmas Tamangapa di Kota Makassar sudah baik, dimana terdapat pelatihan dan penyuluhan bagi para pegawai Puskesmas, juga program kerja dan semua kegiatan yang direncanakan berjalan dapat terealisasi dengan baik dan tepat waktu. Puskesmas Tamangapa di Kota Makassar juga telah memiliki supervisi perencanaan yang jelas dan matang juga sumberdaya yang mumpuni sehingga dapat memberikan kualitas kinerja yang baik bagi pasiennya. Kata Kunci : Kinerja, Puskesmas, Pelayanan Kesehatan