PENGARUH PROGRAM COSTUMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN APLIKASI GRAB DI KOTA MAKASSAR (Studi Kasus pada Mahasiswa Aktif S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2017-2020 Universitas Hasanuddin)

Main Author: Fatma, Ririn Aulia
Format: Thesis NonPeerReviewed Image Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/5266/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Costumer Relationship Management terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan aplikasi Grab di Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 203 mahasiswa/I yang berasal dari angkatan 2017-2020 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin. Selanjutnya sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif. Data diambil menggunakan kuisioner dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 26. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Costumer Relationship Management berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Costumer Relationship Management berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Selanjutnya kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.