Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Plus Al-Ashri
Main Author: | Hidayat, Taufiq |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Image Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/3313/ |
Daftar Isi:
- Taufiq Hidayat/(E21114519), Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Plus Al-Ashri Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. xvi + 114 halaman + 13 Tabel + 3 Gambar + 16 Pustaka + 17 Lampiran + Dibimbing oleh Dr. Nurdin Nara, M.Si. dan Adnan Nasution, S.Sos., M. Si. Studi ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Plus Al-Ashri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen sedangkan sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan skunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan kurikulum di Sekolah Dasar Plus Al-Ashri Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi dan wawancara dengan menggunakan indikator teori Van Meter dan Van Horn diantaranya yaitu terpenuhinya tenaga pendidik yang berkualitas dan finansial Sekolah Dasar Plus Al-Ashri, juga keaktifan guru sebagai agen pelaksana kebijakan dalam menciptakan kegiatan fisik dan seni telah memenuhi indikator aktivitas pelaksana. Namun, masih terdapat beberapa hal yang perlu dibenahi, diantaranya adalah minimnya pemahaman para tenaga pendidik di awal penerapan kebijakan yang disebabkan kurangnya pelatihan yang di dapatkan, perlunya komunikasi dan koordinasi antara pihak Sekolah dengan orang tua siswa mengenai pembentukan karakter siswa, perlunya evaluasi pemerintah terhadap sistem penulisan raport siswa pada kebijakan kurikulum 2013.