ANALISA KINERJA MOTOR BENSIN MODEL TV1 DENGAN VARIASI KOMPRESI DAN MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PREMIUM, PERTALITE DAN PERTAMAX

Main Author: RETNOKTAPIAN, EGHA
Format: Thesis NonPeerReviewed Image Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/3223/
Daftar Isi:
  • Motor bensin adalah suatu tipe mesin pembakaran dalam yang dapat men-gubah energi panas dari bahan bakar menjadi energi mekanik berupa daya poros pada putaran poros engkol. Energi panas diperoleh dari pembakaran bahan bakar dengan udara yang terjadi pada ruang bakar dengan bantuan bunga api yang be-rasal dari percikan busi untuk menghasilkan gas pembakaran. Untuk mengetahui kinerja mesin dapat dilihat dari daya efektif, komsumsi bahan bakar spesifik, rasio udara bahan bakar, efesiensi volumetris dan efesiensi thermis. Pengukuran kinerja mesin bensin dapat diamati melalui engine soft. Dari daya efektif, komsumsi bahan bakar spesifik, rasio udara-bahan bakar, efesiensi volumetris dan efesiensi thermis dapat dihitung. Pengujian dilakukan pada tiga bahan bakar yaitu ; premium, pertalite dan pertamax. Dengan memvariasikan rasio kompresi pada motor bensin kita dapat mengetahui kenerjanya. Hasil yang didapatkan dari pengujian ini adalah, nilai daya efektif tertinggi terdapat pada bahan bakar pertamax, rasio kompresi 10, pada putaran 1800 rpm, sebesar 3,18 kW. Untuk komsumsi bahan bakar spesifik yang paling ekonomis terdapat pada putaran 1500 rpm, rasio kompresi 8, sebesar 0,341 kg/kW.h pada bahan bakar pertalite . Untuk rasio udara-bahan bakar yang sesuai dengan standar operasional dari rasio komprsi 6, 8 dan 10 adalah bahan bakar pertalite. Untuk efesiensi volumetris yang tertinggi terdapat pada bahan bakar premium, rasio kompresi 8, pada putaran 1200 rpm, sebesar 54,91 %. Untuk efesiensi thermis tertinggi terjadi pada bahan bakar pertalite rasio kompresi 8, pada putaran 1500 rpm sebesar 25,86 %. Kata Kunci: Bahan Bakar, Rasio Kompresi, kinerja motor bensin.