Analisis Saluran Pemasaran dan Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras (Studi Kasus Peternakan Rakyat di Kelurahan Anabanua Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo)

Main Author: Warsita, Besse Nur Rahmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Image Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/2555/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model saluran pemasaran, margin pemasaran tiap saluran dan lembaga pemasaran dan tingkat efisiensi pemasaran telur ayam ras. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2020, di Peternakan Rakyat Ayam Ras Petelur di Kelurahan Anabanua, Kecamatan Maniangpajo, Kabupaten Wajo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian yaitu seluruh lembaga pemasaran yang terdapat di lokasi penelitian. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pemasaran telur di lokasi penelitian terdiri dari tiga saluran pemasaran yaitu : Peternak → Konsumen, Peternak → Pedagang Besar → Konsumen, Peternak → Pedagang Besar → Pedagang Pengecer → Konsumen. Pada Saluran pemasaran I peternak memiliki margin sebesar Rp 0.-/rak sedangkan pada saluran pemasaran II pedagang besar memiliki margin Rp 4.800/rak. Sedangkan pada Saluran pemasaran III pedagang pengecer memiliki margin tertinggi yakni sebesar Rp 7.278/rak. Saluran pemasaran yang memiliki keuntungan tertinggi adalah saluran pemasaran III yakni sebesar Rp 7.954/rak, dan yang terendah adalah saluran pemasaran I yakni sebesar Rp. 0/rak. Sedangkan keuntungan untuk saluran pemasaran kedua yaitu Rp. 3.463/rak. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran I yakni sebesar 0,284%. Hal ini disebabkan karena biaya yang dikeluarkan pada saluran pemasaran I lebih kecil dan saluran pemasarannya lebih pendek dibandingkan saluran pemasaran II dan III.