GAMBARAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA DI SMP NEGERI 30 MAKASSAR
Main Author: | KARAENG, RESTU |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Image Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/2320/ |
Daftar Isi:
- Restu Karaeng. C12115321. GAMBARAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA DI SMP NEGERI 30 MAKASSAR, dibimbing oleh Yuliana Syam dan Silvia Malasari. Latar belakang : Perilaku bullying merupakan salah satu tindakan agresif dan sangat rentan terjadi pada remaja, dan terjadi di berbagai tempat sekolah, rumah, dan sekitar lingkungan tempat bermain. Perilaku bullying dapat dilakukan secara berulang kali sehingga membuat orang lain merasakan ketidaknyamanan dan dapat menimbulkan dampak bagi kesehatan fisik dan psikologis yang lebih lanjut. Tujuan : Mengetahui gambaran perilaku bullying pada remaja di SMP Negeri 30 Makassar berdasarkan karakteristik responden (Jenis kelamin, usia, kelas, kelompok teman sebaya/geng, lingkungan sekolah, struktur keluarga, media, dan status ekonomi. Metode : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 295 remaja di SMP Negeri 30 Makassar yang terpilih menjadi sampel dengan teknik stratified random sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian : Perilaku bullying di SMP Negeri 30 Makassar secara umum mayori memiliki kecenderungan perilaku bullying pada ketegori rendah yaitu sebanyak 50.2% dan paling sedikit pada kategori tinggi (13.2%). Karakteristik responden adalah mayoritas perempuan (52.2%) dengan kategori usia remaja awal (95.9%), dan paling banyak pada kelas VII (33.6%). Lebih banyak responden tidak memiliki geng (71.2%). Banyak responden tinggal bersama orang tua (86.4%) dan intensitas dalam menyaksikan perilaku bullying di media pada intensitas kadang-kadang (74.9%), serta status ekonomi responden mayoritas tinggi (74.9%). Kesimpulan dan saran : Kecenderungan perilaku bullying di SMP Negeri 30 Makassar berada pada kategori rendah ditinjau dari jenis kelamin, usia, kelas, geng, status keluarga, media dan status ekonomi. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk mengidentifikasi peran remaja dalam perilaku bullying baik korban atau pelaku dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi perilaku bullying Kata kunci : Perilaku bullying, remaja