ANALISIS PERBANDINGAN NILAI PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN E-COMMERCE PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Main Author: | Andriyani, A. Yayan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Image Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/2117/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, sehingga jumlah sampel perusahaan sebanyak 31 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan uji statistik paired sample t-test, namun jika data tidak normal maka untuk pengujian digunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perbedaan nilai perusahaan yang diukur Price Earnings Ratio (PER), Tobin’s Q, Price to Book Value (PBV) dan Market Value Aset to Book Value of Aset (MVA/BVA) sebelum dan sesudah menerapkan e-commerce pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian event study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan nilai perusahaan yang diukur dengan Price Earnings Ratio (PER) sebelum dan sesudah penerapan sistem e-commerce. Sementara ada perbedaan nilai perusahaan sebelum dan sesudah penerapan sistem e-commerce yang diukur dengan PBV, Tobin’s Q dan MVA/BVA. Temuan ini menunjukkan bahwa konsisten dengan teori adalah Price to Book Value (PBV), Market Value Aset to Book Value of Aset (MVA/BVA) dan Tobin’s Q, sedangkan yang tidak konsisten adalah Price Earnings Ratio (PER). Oleh karena itu, para investor sebaiknya melihat PBV, Tobin’s Q dan MVA/BVA untuk mengetahui nilai perushaaan. Selain itu, dapat memperhatikan berbagai aspek tidak hanya dari sisi nilai perusahaan saja melainkan juga harus mempertimbangkan faktor lain seperti dividen, capital gain atau short sell, risiko pasar