DIROSAH A'N TA'LIMIL MUHADATSAH FII MA'HAD DARUSSALAM GONTOR LIL BANAT AS SADIS FUSU

Main Author: Mujtahidah, Nurhilma
Format: Thesis NonPeerReviewed Image Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/2000/
Daftar Isi:
  • Nurhilma Mujtahidah, Metode Pengajaran Berbicara Bahasa Arab di Pondok Moderm Darussalam Gontor Putri 6 Poso. (di bawah bimbingan Muhammad Ridwan, S.S., M.A. dan Ilham Ramadhan S.S., M.A.) Skripsi ini berjudul “Metode Pengajaran Berbicara Bahasa Arab di Pondok Moderm Darussalam Gontor Putri 6 Poso”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana metode pengajaran berbicara Bahasa Arab di Pondok Moden Darussalam Gontor Putri 6 Poso serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki metode-metode tersebut dalam penerapanya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menganbil latar di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 6 Poso, yang menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif, yaitu hasil dari proses penelitian ini diperoleh dari tulisan, ucapan maupun perilaku yang dapat diamati. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data-data untuk penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara dan tekhnik dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode pengajaran berbicara Bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 6 Poso diterapkan di dalam ( mahfudzot/ hadis, tamrin lugoh) dan di luar kelas ( muhadatsah,pemberian kosa kata, hukuman). Dari setiap metode yang digunakan, diterapkan dengan tahapan-tahan yang sudah diatur sedemikian rupa oleh para pengajar dan juga organisasi pelajar di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 6 poso sehingga dapat mencapai hasil yang diinginkan. Pemberlakuan wajib berbicarara Bahasa Arab menjadi kunci dari segala metode yang telah diterapkan di dalam maupun di luar kelas. Keywords: Metode Pengajaran Bahasa, Bahasa Arab