PERAN DINAS PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN WISATA BAHARI DI KABUPATEN BONE

Main Author: Romi, Andi Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Image Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/1947/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Dinas Pariwisata dalam Pengembangan Wisata Bahari di Kabupaten Bone serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, untuk mencapai tujuan tersebut, digunakanlah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data secara deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumen dan arsip dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : Pertama, Peran dari Dinas Pariwisata dalam pengembangan wisata bahari ditinjau dari perumusan kebijakan teknis dan penyusunan rencana program berjalan dengan baik dengan melibatka seluruh stakholder, selain itu rencana program tersebut\m diturunkan kedalam rencana stategis yang akan dijalankan oleh Dinas Pariwisata 5 Tahun kedepan, Pengembangan destinasi wisata bahari di Kabupaten Bone sudah sesuai dengan perencanaan yaitu pembangunan sarana dan prasarana wisata Tanjung Pallette dengan melakukan rehabilitasi sarana dan prasarana, penambahan fasilitas dan pengadaan fasilitas baru. Sedangkan untuk peningkatan sarana dan prasarana di Pantai Angkue direalisasikan dengan pembangunan fasilitas pada tahun 2018, dan untuk Pengembangan pemasaran wisata bahari di Kabupaten Bone sudah sesuai dengan perencanaan yaitu analisa pasar untuk promosi dan pemasaran obyek dilakukan dengan melihat kondisi pemasaran saat ini, yang mana penggunaan media internet dan aplikasi media sosial dalam pemasaran pariwisata termasuk wisata bahari,pelaksanaan promosi pariwisata nusantara di dalam dan luar negeri direalisasikan dengan ikut serta dalam event pameran pariwisata nusantara di Bali, Jakarta, Kalimantan, Belanda, dan Rusia pada tahun 2018-2019. Kedua faktor yang mempengaruhi Pengembangan Wisata Bahari meliputi Faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung yakni Potensi pantai, laut dan Media Sosial, sedangkan faktor penghambat yakni Regulasi lokasi dan Jumlah destinasi.