PENGARUH PURIFIKASI BAHAN BAKAR TERHADAP PRESTASI MESIN DIESEL DENGAN VARIASI RASIO KOMPRESI

Main Author: Rusman, Egy Aldo
Format: Thesis NonPeerReviewed Image Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/1632/
Daftar Isi:
  • Purifikasi bahan bakar diesel oil adalah untuk memisahkan minyak, air dan kotoran dengan menggunakan gaya sentrifugal yang bekerja berdasarkan perbedaan berat jenis dan minyak, air dan kotoran, sehingga zat yang mempunyai berat jenis lebih besar akan terlempar keluar terlebih dahulu. Setiap mesin mempunyai karakteristik yang berbeda seperti stroke, bore, piston displacement, dan rasio kompresi. Semakin tinggi nilai perbandingan kompresi semakin tinggi pula nilai tekanan kompresi. Pengaruh tekanan kompresi terhadap mesin adalah semakin besar tekanan kompresi semakin besar pula tenaga yang dihasilkan oleh mesin. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh variasi bahan bakar purifikasi terhadap prestasi mesin dengan variasi rasio kompresi pada mesin TV1. Dengan variasi bahan bakar sebelum purifikasi, setelah purifikasi tanpa heater, dan setelah purifikasi dengan heater 70 ° C, dan variasi rasio kompresi 18:1, 16:1, dan 14:1 didapatkan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Tekanan silinder tertinggi terjadi di rasio 18:1 pada bahan bakar (BP) dengan nilai sebesar 55,59 Bar (2) Pelepasan panas bersih (NHR) tertinggi terjadi di rasio 14:1 pada bahan bakar (AP70) dengan nilai sebesar 36,06 kj/E (3) Laju kenaikan tekanan (RPR) tertinggi terjadi di rasio 18:1 pada bahan bakar (APNH) dengan nilai sebesar 3,47 Bar (4) tekanan saluran bahan bakar teringgi terjadi di rasio 18:1 pada bahan bakar (AP70) dengan nilai 265,919 Bar.