PENGARUH METODE VIDEO LEARNING MULTIMEDIA TENTANG MENARCHE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWI KELAS V DALAM KESIAPAN MENGHADAPI MENARCHE
Main Author: | Umrah, Sitti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Image Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/1371/ |
Daftar Isi:
- SITTI UMRAH. Pengaruh media video learning multimedia tentang menarche terhadap pengetahuan dan sikap siswi kelas V dalam kesiapan menghadapi menarche (dibimbing oleh Sri Ramadhany dan Muhammad Tamar) Peneltian ini bertujuan mengidentifiksi pengaruh media video learning multimedia terhadap pengwtahuan dan sikap siswi kelas v dalam kesiapan menghadapi menarche. penelitian ini merupakan penelitian quasi ekperimen dengan nonequivalent control grup design. Sampel yang dipilih secara purposif sampling. Intervensi diberikan sebanyak dua kali. Penelitian dilakukan di SD Inpres Tamalanrea I dan SD Inpres Tamalanrea IV pada bulan februari 2020. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test dengan menggunakan koesioner. Data tersebut dianalisis dengan uji statistik menggunakan uji wilcoxon. Hasil berdasarkan uji statitik menunjukkan p-value yang didapatkan pada varibel pengetahuan dan sikap baik kelompok kontrol maupun kelompok intevensi p-value <0.05 namun perubahan signifikan cenderung pada kelompok interveni. Ada perbeaan pengetahuan dan sikap pre dan post pada kelompok kontrol dengan mtode ceramah dan kelompok inervensi dengan metode video learning multimedia. media video lerning multimedia efktif dalam pemberian edukasi kesehatan eproduksi karena mampu meningkatkan daya tangkap siswi dalam memahami pembelajaran.