PEMODELAN REGRESI MULTILEVEL MENGGUNAKAN METODE RESTRICTED MAXIMUM LIKELIHOOD
Main Author: | AULIA M, SITTI CHAERUNNISA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Image Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/11503/ |
Daftar Isi:
- Dalam penelitian bidang pendidikan, pembentukan dan perkembangan perilaku individu dalam memperoleh pendidikan dipengaruhi oleh lingkungannya. Secara umum lingkungan dan individu memiliki stuktur berjenjang (hierarki). Untuk menganalisis struktur data hierarki dapat dilakukan dengan pemodelan regresi multilevel. Pada penelitian ini digunakan Ujian Nasional (UN) sebagai sistem evaluasi standar pendidikan di Indonesia. Peubah yang digunakan pada level individu adalah jumlah peserta UN, jumlah peserta didik dan jumlah guru tiap-tiap sekolah sedangkan pada level lingkungan adalah Angka Partitispasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM) kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. Pembentukan model regresi multilevel pada penelitian ini untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai UN SMP dengan memperhitungkan adanya varians antar sekolah dan kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan. Metode estimasi parameter yang digunakan pada pemodelan ini adalah Restricted Maximum Likelihood (REML). Kata Kunci : Ujian Nasional, hierarki, regresi multilevel, Restricted Maximum Likelihood