HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN MAJENE SULAWESI BARAT TAHUN 2012
Main Author: | DESTRIMAWASITA A. TJINTA, ANDI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Image |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/10963/ |
Daftar Isi:
- Universitas Hasanuddin Fakultas Kesehatan Masyarakat Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Skripsi, Maret 2012 ANDI DESTRIMAWASITA A. TJINTA K III 08 563 “HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM KABUPATEN MAJENE SULAWESI BARAT TAHUN 2012” xi + 69 Halaman + 13 Tabel + lampiran Kualitas layanan kesehatan yang terdiri dari Service Quality/kualitas layanan dengan lima indikator yakni tangible (kenyataan), empathy (empati), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan/kepastian), dan reability (kehandalan), Product Quality/kualitas produk dengan dua indikator durability (ukuran masa pakai), estetika (karakteristik bangunan) serta Cost Quality/kualitas biaya dengan dua indikator yakni biaya penilaian dan biaya kegagalan yang merupakan kualitas utama dalam melihat tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSUD Kabupaten Majene. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di instalasi rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Majene. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study yang bertujuan untuk mengetahui hubungan variable independen dengan dependen dimana pengukuran antara sebab dan akibat dalam waktu yang sama. jumlah sampel 90 responden dengan menyebarkan kuisioner serta menggunakan teknik accidental sampling yaitu pengambilan sampel dengan jalan mengambil individu siapa saja yang dapat dijangkau atau ditemui selama mendapatkan pelayanan di rawat inap RSUD Kabupaten Majene. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara service quality/mutu layanan dengan kepuasan pasien dimana nilai p (value)= 0,000 dengan nilai kekuatan hubungan (φ) 0,614 yang berarti hubugan kuat. Terdapat pula hubungan antara product quality/kualitas produk dengan kepuasan pasien dimana nilai p (value)= 0,001 dengan nilai kekuatan hubungan (φ) 0,410 yang berarti hubugan sedang, dan cost quality/kualitas biaya dengan kepuasan pasien dimana nilai p (value)= 0,000 dengan nilai kekuatan hubungan (φ) 0,494 yang berarti hubungan sedang. Melalui penelitian ini disarankan hendaknya pihak rumah sakit lebih memperhatikan dan meningkatkan kualitas pelayanan dengan memperhatikan service quality/mutu layanan terutama pada saat petugas kesehatan memeriksa pasien,dan product quality/kualitas produk dalam hal adanya kejelasan informasi penggunaan obat serta cost quality/kualitas biaya dimana adanya jaminan biaya jika terjadi kesalahan yang diakibatkan oleh petugas kesehatan agar kepuasan pasien di RSUD Kabupaten Majene terpenuhi sesuai harapan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit Jumlah Pustaka : 23 (1996-2011)