IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK KLASIFIKASI DAN PEMERATAAN GURU PADA SEKOLAH DI DAERAH
Main Author: | SUHADA, SITTI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Image |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/10803/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sitti Suhada, Implementasi data mining untuk klasifikasi dan pemerataan guru pada sekolah di daerah (dibimbing oleh Muhammad Tola dan Muhammad Niswar) Permasalahan dalam dunia pendidikan yaitu kurangnya tenaga guru, guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan (mismatch), kualifikasi rendah, disparitas kompetensi, dan penyaluran guru tidak merata. Penelitian ini bertujuan untuk (1) merancang model algoritma klasifikasi pemerataan kebutuhan guru dengan menggunakan algoritma nearest neighbor (2) Untuk merancang model algoritma klasifikasi pemerataan kebutuhan guru dengan menggunakan algoritma C4.5 (3) membandingkan akurasi model algoritma nearest neighbor dan algoritma C4.5 untuk pemerataan kebutuhan guru. Penelitian ini merupakan penelitian historis dengan menggunakan metode eksperimental yaitu dengan melakukan perancangan dan pembuatan model sistem. Pengumpulan data dilakukan dengan metode studi pustaka (library research) dan metode pengumpulan data lapangan (field research) dan pembuatan aplikasi berdasarkan analisis hasil dari metode data mining yakni algoritma nearest neighbor dan algoritma C4.5. Adapun hasil dari penelitian ini adalah informasi klasifikasi keadaan kebutuhan guru mata pelajaran apakah lebih, cukup atau kurang pada tiap sekolah. Tingkat akurasi algoritma nearest neighbor mencapai 72% dan tingkat akurasi algoritma C4.5 mencapai 83%. Kata kunci : data mining, algoritma nearest neighbor, algoritma C4.5