PERILAKU BIROKRASI PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus Pelayanan Kesehatan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Yowari Kabupaten Jayapura)

Main Author: MANIAGASI, Y.GABRIEL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Image
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/10757/
Daftar Isi:
  • Y. GABRIEL MANIAGASI. PERILAKU BIROKRASI PELAYANAN PUBLIK (studi kasus pelayanan kesehatan pada RSUD Yowari Kabupaten Jayapura) dibimbing oleh Alwi dan Muh. Akmal Ibrahim. Tujuan penelitian adalah menganalisis Perilaku Birokrasi Pelayanan Publik pada RSUD Yowari Kabupaten Jayapura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus. Unit analisis adalah organisasi dengan fokus kajian pada struktur organisasi dan desain organisasi; budaya organisasi dan kebijakan sumber daya manusia. Data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan dan studi dokumen. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur organisasi dan desain organisasi, budaya organisasi dan kebijakan sumberdaya manusia merupakan aspek-aspek yang berperan terhadap pembentukan Perilaku Birokrasi Pelayanan Publik pada RSUD Yowari Kabupaten Jayapura. Dimana dengan struktur organisasi dan desain yang tepat memungkinkan adanya kejelasan kewenangan, kejelasan tugas pekerjaan, pelaporan serta tanggung jawab dan sistem imbalan kepada karyawan RSUD Yowari. Sedangkan budaya organisasi memberikan petunjuk kepada seluruh karyawan RSUD Yowari untuk “berbicara” dalam bahasa yang sama dan “bertindak” dalam sikap yang sama, sedangkan Kebijakan Sumber Daya Manusia memberi arah bagi pengelolaan potensi manusia sebagai pendukung utama dari organisasi tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga aspek yang sangat berperan dalam Pembentukan Perilaku Birokrasi Pelayanan Publik dalam memberikan Pelayanan Kesehatan kepada masyarakat pada RSUD Yowari Kabupaten Jayapura, yaitu Struktur Organisasi dan Desain Organisasi; Budaya Organisasi dan Kebijakan Sumber Daya Manusia.