KINERJA PEGAWAI PELAYANAN PUBLIK DI NUSA TENGGARA TIMUR ANALISIS HARD DAN SOFT APPROACH MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Main Author: | Laan, Rahmat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Image |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/10572/ |
Daftar Isi:
- RAHMAT LAAN, Kinerja Pegawai Pelayanan Publik di Nusa Tenggara Timur : Analisis Hard dan Soft Approach Manajemen Sumber Daya Manusia (dibimbing oleh Muhammad Yunus Zain, Mahlia Muis dan Muhammad Idrus Taba). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) pengaruh langsung dan tidak langsung kompensasi terhadap kinerja pegawai pelayanan publik melalui kepuasan kerja dan motivasi kerja, (2) pengaruh langsung dan tidak langsung pengembangan pegawai terhadap kinerja pegawai pelayanan publik melalui kepuasan kerja dan motivasi kerja dan (3) pengaruh langsung dan tidak langsung gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai pelayanan publik melalui kepuasan kerja dan motivasi kerja. Populasi penelitian adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang melaksanakan tugas-tugas pelayanan publik di propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Teknik pengambilan sampel menggunakan two stages random sapling (sampling acak dua tahap) dengan jumlah 200 sampel. Data dianalisis dengan teknik Structural Equations Model (SEM), menggunakan program Analysis of Moment Structure (Amos) versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pelayanan publik di NTT baik langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan kerja dan motivasi kerja; (2) pengembangan pegawai berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pelayanan publik di NTT melalui kepuasan kerja, tetapi tidak signifikan baik langsung maupun tidak langsung melalui motivasi kerja; dan (3) gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pelayanan publik di NTT baik langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan kerja dan motivasi kerja. Kata Kunci : Kompensasi, pengembangan pegawai, gaya kepemimpinan, kepuasan, motivasi, dan kinerja pegawai.