STUDI PENGARUH AKTIVITAS BELANJA ONLINE TERHADAP PERILAKU PERJALANAN BELANJA

Main Author: Darumba, Vinda Aprilia
Format: Thesis NonPeerReviewed Image Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/1036/
ctrlnum 1036
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/1036/</relation><title>STUDI PENGARUH AKTIVITAS BELANJA ONLINE TERHADAP PERILAKU PERJALANAN BELANJA</title><creator>Darumba, Vinda Aprilia</creator><subject>T Technology (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan seseorang dalam memilih cara berbelanja baik secara konvensional maupun online yang meliputi karakteristik sosiodemografi-ekonomi konsumen dan atribut berbelanja serta menganalisis pengaruh hubungan aktivitas belanja online terhadap perilaku perjalanan belanja, dalam hal ini ada empat pengaruh yang ditimbulkan yaitu subtitusi, komplementer, modifikasi, dan netral. Penelitian ini dilakukan secara langsung dengan metode wawancara menggunakan kuesioner kepada konsumen (di Kota Makassar), selain itu disajikan pula scenario yang merupakan metode stated preferences sebagai alat untuk menganalisis preverensi konsumen dalam memilih metode belanja. Dalam mengolah data, ada dua model pendekatan yang dilakukan yaitu model regresi tunggal dan berganda serta conditional logit model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang paling besar pengaruhnya dalam menentukan keputusan berbelanja yaitu: harga dan jumlah barang. Selanjutnya faktor atribut belanja lainnya yang juga berpengaruh yaitu waktu dan biaya pengiriman. Selain itu diketahui bahwa konsumen atau pelaku belanja di Kota Makassar lebih banyak berbelanja secara konvensional dibandingkan dengan berbelanja secara online serta pengaruh hubungan antara aktivitas belanja online dengan perilaku perjalanan belanja yaitu netral atau tidak mempengaruhi aktivitas perjalanan belanja sebab pelaku belanja konvensional paling sering membeli produk bahan makanan sedangkan untuk belanja online paling sering membeli produk fashion dan makanan cepat saji sehingga tidak mengurangi frekuensi perjalanan belanja dari pelaku.</description><date>2020-10-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Image:Image</type><language>eng</language><identifier>/id/eprint/1036/2/D012172004_tesis_%20%20%20cover1.png</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>/id/eprint/1036/3/D012172004_tesis_%20%20%201-2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>/id/eprint/1036/4/D012172004_tesis_%20%20%20dapus.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>/id/eprint/1036/5/D012172004_tesis_02-11-2020%28FILEminimizer%29.pdf</identifier><identifier> Darumba, Vinda Aprilia (2020) STUDI PENGARUH AKTIVITAS BELANJA ONLINE TERHADAP PERILAKU PERJALANAN BELANJA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin. </identifier><recordID>1036</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Image:Image
Image
Book:Book
Book
author Darumba, Vinda Aprilia
title STUDI PENGARUH AKTIVITAS BELANJA ONLINE TERHADAP PERILAKU PERJALANAN BELANJA
publishDate 2020
topic T Technology (General)
url http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/1036/
contents Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan seseorang dalam memilih cara berbelanja baik secara konvensional maupun online yang meliputi karakteristik sosiodemografi-ekonomi konsumen dan atribut berbelanja serta menganalisis pengaruh hubungan aktivitas belanja online terhadap perilaku perjalanan belanja, dalam hal ini ada empat pengaruh yang ditimbulkan yaitu subtitusi, komplementer, modifikasi, dan netral. Penelitian ini dilakukan secara langsung dengan metode wawancara menggunakan kuesioner kepada konsumen (di Kota Makassar), selain itu disajikan pula scenario yang merupakan metode stated preferences sebagai alat untuk menganalisis preverensi konsumen dalam memilih metode belanja. Dalam mengolah data, ada dua model pendekatan yang dilakukan yaitu model regresi tunggal dan berganda serta conditional logit model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang paling besar pengaruhnya dalam menentukan keputusan berbelanja yaitu: harga dan jumlah barang. Selanjutnya faktor atribut belanja lainnya yang juga berpengaruh yaitu waktu dan biaya pengiriman. Selain itu diketahui bahwa konsumen atau pelaku belanja di Kota Makassar lebih banyak berbelanja secara konvensional dibandingkan dengan berbelanja secara online serta pengaruh hubungan antara aktivitas belanja online dengan perilaku perjalanan belanja yaitu netral atau tidak mempengaruhi aktivitas perjalanan belanja sebab pelaku belanja konvensional paling sering membeli produk bahan makanan sedangkan untuk belanja online paling sering membeli produk fashion dan makanan cepat saji sehingga tidak mengurangi frekuensi perjalanan belanja dari pelaku.
id IOS17219.1036
institution Universitas Hasanuddin
institution_id 29
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Hasanuddin
library_id 491
collection Repositori Universitas Hasanuddin
repository_id 17219
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS17219
first_indexed 2022-06-29T00:58:00Z
last_indexed 2022-06-29T00:58:00Z
recordtype dc
_version_ 1736930145941323776
score 17.538404