STUDI FAKTOR-FAKTOR BERPENGARUH TERHADAP FREKUENSI PERJALANAN BERBELANJA KE PASAR TRADISIONAL BERBASIS STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM)

Main Author: RIDHANIAH RAHMAN, QARNILA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Image
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/10357/
Daftar Isi:
  • QARNILA RIDHANIAH RAHMAN. Studi Faktor-Faktor Berpengaruh terhadap Frekuensi Perjalanan Berbelanja ke Pasar Tradisional Berbasis Structural Equation Modeling (SEM) (dibimbing oleh Sakti Adji Adisasmita dan Isran Ramli) Perjalanan berbelanja ke pasar tradisional diberbagai kota berkembang di Asia, termasuk kota Makassar, merupakan salah satu kontributor dalam permasalahan transportasi perkotaan. Untuk itu, bertujuan untuk mengidentifikasi dan menentukan faktor-faktor berpengaruh terhadap frekuensi perjalanan berbelanja ke pasar tradisional. Faktor-faktor yang diidentifikasi meliputi aspek kondisi sosial ekonomi, karakteristik perjalanan, karakteristik berbelanja, kualitas pelayanan, karakteristik transportasi dan dampak lingkungan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara sistematis berbasis kusioner terhadap pengunjung pasar tradisional secara acak, dimana kusioner didesain sesuai dengan skala Likert. Analisis data untuk menentukan faktor-faktor berpengaruh dilakukan dengan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM), dimana perangkat lunak analisis untuk mengkalibrasi parameter model menggunakan program AMOS 21. Hasil analisis uji normalitas bahwa kategori mobil dan memilki SIM menunjukkan jumlah variabel yang lebih banyak berdistribusi normal. Untuk uji measurement kategori wanita dan sepeda motor memiliki angka GFI dan AGFI yang lebih mendekati 1 dimana hal ini menunjukkan bahwa dukungan terhadap hasil uji yakni menerima model, walaupun secara keseluruhan kategori menunjukkan model sudah fit. Hubungan antara faktor-faktor yang berpengaruh, kategori motor dan memiliki SIM menunjukkan jumlah variabel yang lebih banyak berpengaruh yaitu terdapat 22 variabel dimana variabel tersebut memiliki hubungan yang signifikan. Hubungan antara variabel eksogen dan endogen menunjukkan bahwa semua kategori memilki hubungan terhadap frekuensi baik sosial ekonomi, karakteristik perjalanan, karakteristik berbelanja, kualitas pelayanan, karakteristik transportasi maupun dampak lingkungan. Kata Kunci : Frekuensi Perjalanan, Model SEM, Perjalanan Berbelanja