FAKTOR –FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN BEROBAT PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS CEGER JAKARTA TIMUR TAHUN 2018

Main Author: Asnawi, Irmayanti
Format: Article info Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan , 2020
Subjects:
Online Access: https://journal.ugm.ac.id/jmpk/article/view/41677
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHipertensi merupakan penyakit yang memerlukan terapi jangka panjang,sehingga diperlukan kepatuhan pasien dalam menjalani pengobatan. Kepatuhan melakukan kontrol di Puskesmas Ceger tahun 2016 hanya sebesar 34,8% dan angka ketidakpatuhan sebesar 65,2%. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan faktor –faktor yang berhubungan dengan kepatuhan berobat pada pasien hipertensi di puskesmas Ceger Jakarta Timur tahun 2018.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah pasien penderita hipertensi yang tercatat pada register pasien. jumlah sampel sebanyak 120 responden. Tehnik pengambilan sampel purposive sampling. Analisis multivariat didapatkan variabel yang berhubungan dengan kepatuhan berobat pada pasien hipertensi adalah pendidikan (p=0,076, OR=2,234), pengetahuan (p=0,008, OR=3,375), dukungan keluarga (p=0,012,OR=3,22) dan peran petugas kesehatan (p=0,004,OR=4,564) Sedangkan Variabel yang tidak berhubungan adalah umur, jenis kelamin dan pekerjaan. Variabel dominan berhubungan dengan kepatuhan berobat pasien hipertensi adalah peran petugas kesehatan (OR=4,564). Penelitian ini dharapkan dapat memberikan saran pada Puskesmas agar melakukan penyuluhan berkala kepada pasien hipertensi tentang penyakit hipertensi serta manfaat melakukan kontrol rutin menggunakan media audio visual agar menarik perhatian.Diharapkan penderita hipertensi agar teratur melakukan kontrol tekanandarah sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan sehingga dapat meminimalisir kemungkinan komplikasi yang dapat terjadi.