PROFESIONALISME GURU DI SD NEGERI SUKATANI KECAMATAN KALIANDA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Main Authors: Kusumawati, Eliza, Kandar, Supomo, Ambarita, Alben
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Magister Manajemen Pendidikan , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/view/7894
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/view/7894/4742
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/downloadSuppFile/7894/739
Daftar Isi:
  • This study aimed to analyze teacher professionalism comprising the following competences: pedagogic, personal, social, and professional. This study used a descriptive qualitative research method with a case study design. The data collection techniques used were interviews, observation and documentation. Results of this study are as the following: (1) In terms of pedagogical competence, the teachers showed their understanding of: the learners, the design and implementation of learning, evaluation of learning outcomes, and the development of learners to actualize their different potentials. (2) The teachers showed their personal competence in the ways they behaved, (3) The teachers’ social competence was shown in the ability to adjust to the demands of work and environment. (4) The teachers’ professional competence was shown in their ability to master the learning materials, (5) In terms of resource management, the principal optimally attempted to empower all sources, particularly teachers and administration staff that exist in the school.Penelitian ini bertujuan menganalisis tentang profesionalisme guru yang terdiri dari kompetensi: pedagogik, pribadi, sosial, dan profesional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Dalam hal kompetensi pedagogik, guru menunjukkan pemahaman mereka tentang: peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi yang berbeda. (2) Guru menunjukkan kompetensi pribadi mereka dengan cara mereka berperilaku, (3) kompetensi sosial guru ditunjukkan dalam kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan pekerjaan dan lingkungan. (4) kompetensi profesional guru ditunjukkan dalam kemampuan mereka menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam, (5) Dalam hal pengelolaan sumber daya, kepala sekolah secara optimal berusaha untuk memberdayakan semua sumber, terutama guru dan staf administrasi yang ada di sekolah.Kata kunci: guru professional, kompetensi guru, pengembangan keprofesionalan berkelanjutan