IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 BANGUNREJO

Main Authors: Harianta, I.Ketut, Sowiyah, Sowiyah, Sumadi, Sumadi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Magister Manajemen Pendidikan , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/view/5745
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/view/5745/3584
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/downloadSuppFile/5745/476
Daftar Isi:
  • The purpose of this study is to describe and analyze: 1) Planning of principal academic supervision; 2) Implementation of principal academic supervision; 3) Evaluation of the principal supervision; 4) Response of teachers to the academic supervision is carried out. The method used in this study is using a qualitative case study approach. The techniques of collecting data are through observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that: 1) academic supervision conducted by the Principal in order to improve teacher performance begins with: 1) academic supervision program planning; 2) The principal implementing academic supervision with several techniques, namely: teachers' board meetings or in its entirety, visit the class, classroom observation, and discussion of individual or individual supervision; 3) The principal as a follow-up evaluation after supervision, evaluation is done then followed up by the principal, 4) the teachers are very positive response to the supervision carried out.Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan dan menganalisis; 1) Perencanaan supervisi akademik kepala SMP Negeri 1 Bangunrejo; 2) Implementasi supervisi akademik kepala sekolah; 3) Evaluasi supervisi kepala sekolah; 4) Tanggapan guru terhadap supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja guru diawali dengan: 1) perencanaan program supervisi akademik; 2) Kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik dengan beberapa teknik yaitu: rapat dewan guru atau secara keseluruhan, kunjungan kelas, observasi kelas, dan pembicaraan individu atau supervisi secara individu; 3) Kepala sekolah melakukan evaluasi sebagai tindak lanjut setelah dilakukan supervisi, evaluasi dilakukan kemudian di tindaklanjuti oleh kepala sekolah, 4) Tanggapan guru sangat positif terhadap supervisi yang dilakukan.Kata kunci: implementasi, kepala sekolah, supervisi akademik