KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
Main Authors: | Wulandari, Sri, Sowiyah, Sowiyah, Rini, Riswanti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Magister Manajemen Pendidikan
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/view/5438 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/view/5438/3388 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/downloadSuppFile/5438/427 |
Daftar Isi:
- The purpose of this study is to describe and analyze the managerial leadership of the head of early childhood education (PAUD) Kauman Metro Center. This study used a qualitative approach with a case study design. The technique to collect the data is through observation interviews, documentation and field studies. The results of the study are: (1) the head of aba early childhood metro centers has the ability to analyze problem, and the ability to think rationally in any act of management activities, (2) the head of Kauman aba early childhood Mtero center has been realized in performing tasks which lead teacher behavior, (3) technical leadership PAUD aba Kauman Metro, Metro Center which always conducting procedural process is used to make the technology in all activities, (4) supporting factors in the format curriculum in accordance with the child's condition.Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis kepemimpinan manajerial kepala pendidikan anak usia dini (paud) Kauman Metro Pusat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik mengumpulkan data dilakukan dengan observasi wawancara, studi dokumentasi dan lapangan. Hasil penelitian antara lain: (1) kepala paud aba Metro pusat memiliki kemampuan menganalisia masalah, memiliki kemampuan untuk berpikir rasional dalam setiap tindakan tentang kegiatan manajemen. (2) kepala paud aba Kauman Metro pusat dalam menjalankan tugas telah menyadari perilaku guru yang dipimpinnya. (3) kepemimpinan teknis paud aba Kauman metro pusat kota Metro pusat yang dalam melaksanakan kegiatan selalu melakukan proses prosedural yang digunakan membuat teknologi dalam semua aktivitas. (4) faktor pendukung berbentuk kurikulum sesuai dengan kondisi anak.Kata kunci: kepala sekolah, kepemimpinan manajerial, pendidikan anak usia dini