HUBUNGAN PERSEPSI KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASYAH, MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU MIN

Main Authors: Arip, Samsel, Rahman, Bujang, Sumadi, Sumadi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Magister Manajemen Pendidikan , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/view/3981
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/view/3981/2468
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/downloadSuppFile/3981/319
Daftar Isi:
  • The purpose of this research is to describe and analyze the relation between: 1) teachers perception of head master managerial skill with teacherâ€TMs performance, 2) work motivation with teacherâ€TMs performance, 3) teachers perception of head master managerial skill and work motivation with teacherâ€TMs performance simultaneously with teacher. The kind of this research is quantitative by using method of ex post facto. Data are obtained from questionnaire and documentations, which are analyzed by using correlational technique and regression both simple and double. After the research has been done and obtained the results, such as: 1) there is positive and significant relation between teachers perception of head master managerial skill with teachers performance, 2) there is positive and significant relation between work motivation with teachers performance, 3) there is positive and significant relation between teachers perception of head master managerial skill and work motivation with teachers performance.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan antara: 1) guru persepsi kepala sekolah keterampilan manajerial dengan kinerja guru, 2) motivasi kerja dengan kinerja guru, 3) guru persepsi kemampuan manajerial kepala sekolah dan motivasi kerja dengan kinerja guru bersamaan dengan guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Data diperoleh dari kuesioner dan dokumentasi, yang dianalisis dengan menggunakan teknik korelasional dan regresi sederhana dan ganda. Setelah penelitian telah dilakukan dan diperoleh hasil, seperti : 1) ada hubungan positif dan signifikan antara persepsi guru keterampilan manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru, 2) ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru, 3) ada hubungan positif dan signifikan antara persepsi guru kepala sekolah keterampilan manajerial dan motivasi kerja dengan kinerja guru.Kata kunci: keterampilan manajerial, kinerja guru, motivasi kerja